MyBlog

Cara Membuat Aplikasi Augmented Reality

Posted by haryvedca on August 19, 2010

Dari : http://belajar-ar.blogspot.com

Buat kamu-kamu yang ingin tau bagaimana membangun Augmented reality Reality, saya kasih tau dah cara na, gampang kok cara ngebangun na, yang penting kamu punya jiwa seni yang baik. Tapi sebelumnya, saya punya permintaan neh, kita sebagai sahabat di dunia maya, janganlah saling mengklaim hak milik orang lain, karena kita harus menghargai dan menjalani etika di internet. Kamu bebas copy-paste tutorial dari saya, tapi pliss tutorial AR tulisan saya, jangan kamu klaim sebagai tutorial buatan kamu ya, kita saling menghargai lah, Ok Gan…

Olright, Langsung aja saya kasih tau tutorial singkat tentang membangun AR, tapi tutorial ini hanya baru membahas, menggabungkan animasi 3D dengan dunia nyata, untuk masalah tentang AR lainya, masih dalam proses pembuatan tutorial. Ok Lanjut, Dalam membuat AR, kamu kudu memenuhi syarat dibawah ini:

Syarat Hardware dan Perangkat Lainnya:

a. Kamera/Webcam 25Mhz Atau Lebih

b. Marker (Sudah ada di Software Library ArToolkit)
c. VGA yang 128 Mb atau Lebih

d. RAM 512 Mb atau Lebih

e. Printer Warna

Syarat Software:

a. Windows XP (No Vista or Seven)

b. 3DS Max 7

c. Adobe Photoshop

d. Software Library ArToolkit

download di http://www.4shared.com/file/aKXltzwq/ARToolKit.html

Syarat Lainnya:

a. Download Video Tutorial Saya, Biar Gak Bingung.

Bila kamu dah menuhin syarat diatas, saatnya kita membangun Augmented reality reality, untuk lebih jelas na, kamu bisa liat video tutorial saya. berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu laluin:

1. Download ArTookit dan SimpleVrml, Kamu bisa download di :

http://www.4shared.com/file/aKXltzwq/ARToolKit.html

2. Copy ArToolkit ke salah satu drive computer kamu (no install)

3. Install syarat software diatas

4. Buka 3DS Max 7 kamu. Kemudian kamu buat objek 3D kreasi kamu.

5. Bila objek 3D telah dibuat, kamu eksport file Max.3D tersebut ke VRML 97 *(Lihat Video Tutorial)*

6. Kemudian, setelah kamu eksport file Max.3D tersebut menjadi file VRML atau file WRL, file tersebut (WRL), kamu copy ke drive: \ARToolKit\bin\Wrl *((Lihat Video Tutorial)*

7. Langkah Selanjutnya, di folder Wrl ArToolkit, pasti kamu liat ada file (.dat), nah kamu ganti nama file (.dat) tersebut dengan nama yang sama dengan file WRL kamu. saya ambil contoh: jika file WRL saya nama na pari.wrl, maka kamu ganti file (.dat) na menjadi pari.dat. Mungkin dalam Video Tutorial ada banyak file (.dat), itu sebenarnnya file skripsi saya, di cuekin aja ya.. hahahaha…

8. Jika sudah, kamu buka file (.dat) tersebut dengan wordpad (jgn notepad), kemudian kamu ganti nama asli file (.dat) tersebut dengan, nama file (.wrl) kamu. Contoh na:

pari.WRL

0.0 0.0 0.0 # Translation

90.0 1.0 0.0 0.0 # Rotation

10.0 10.0 10.0 # Scale

9. Kemudian anda buka folder data (\ARToolKit\bin\Data) di ArToolkit.

10. Buka file (object_data_vrml) dengan wordpad (jgn notepad), didalam file tersebut ada 3 source code, nah mulai dari sini, saya jelasin maksud na apa tuh source code :

Pasti kamu liat ada tulisan :

#the number of patterns to be recognized

3

Nah itu maksudnya, pola-pola atau marker yang akan dikenali oleh kamera, kamu bisa atur lebih dari 3 kok. Mungkin klo kamu liat di video tutorial saya, ada 9 pattern, itu sebenarnya bekas skirpsi saya, jadi jangan diperhatiin yah.. hahahahaha..

Oke lanjut, source code berikut na adalah :

#pattern 1

VRML Wrl/(nama file).dat

Data/patt.hiro (nama pattern)

80.0

0.0 0.0

nah source code yang ini, tuk naro objek 3D yang telah kamu buat. kamu tulis nama file (.dat) punya kamu, terus kamu tulis juga nama pattern marker yang sudah disiapin oleh ArToolkit. kamu bisa pilih pattern marker na di folder : ARToolKit\bin\Data, untuk melihat pola pattern na, kamu bisa masuk ke folder: \ARToolKit\patterns. Sebagai contoh:

#pattern 1

VRML Wrl/pari.dat

Data/patt.hiro

80.0

0.0 0.0

11. Print Pattern Marker yang kamu pilih or yang kamu tadi masukin ke source code diatas, sebagai contoh saya gunakan marker hiro, jadi saya ngeprint marker Hiro. Pattern Marker bisa dilihat di folder : \ARToolKit\patterns. inget jangan di rubah ukurannya, itu sudah ukuran baku.

12. Nah Langkah Terakhir Buka Folder: \ARToolKit\bin

13. Buka software SimpleVrml.exe.

14. Tunggu Proses Loading

15. Jika Kamera Telah Muncul, Maka Arahkan Marker Ke Kamera. Jadi Deh Augmented reality Reality karya Kamu.

Next Tutorial:

Cara Membuat Marker Warna dan Non Warna Dengan Adobe Photoshop dan Mk_Patt

Pemberitahuan:

setelah kamu liat tutorial saya silahkan, kamu berkreasi dengan AR ya. bila kamu berhasil, tolong posting video AR kamu ke youtube, dan berikan link video kamu ke fb saya di: paman gie (phantom.rocker@yahoo.co.uk). 10 video AR karya anak bangsa terbaik, akan saya post di blog ini. jadi saya berharap blog ini, jadi tempat kita untuk sharing ilmu tentang AR. Inget Gan, Membanggakan Karya Anak Bangsa Sendiri Lebih Baik Daripada Membanggakan Karya Bangsa Lain.. So Sekali Lagi.. BE DREAMING, BE IMAGINE..!!!


7 Responses to “Cara Membuat Aplikasi Augmented Reality”

  1. Fairoos said

    salam sejahtera,

    Saya amat tertarik dengan blog yang kamu post kan disini. Saya seorang mahasiswa di Universitas Multimedia di Malaysia yang mengambil jurusan Virtual Reality. Untuk final projek saya, saya dikehendaki untuk membuat AR. Saya amat berbesar hati dengan apa yang anda post kan disini sebagai latihan praktikal bagi saya. Cuma saya ingin mengetahui lebih lanjut tentang AR dimana projek saya ini harus membuat seperti aplikasi Shopping guide. Kamu bole lihat contohnya disini http://www.youtube.com/watch?v=ZnBcqV9POkY. Adakah ada software lain yang dapat untuk membantu saya? atau hanya menggunakan software yang kamu bicarakan disini sahaja?

  2. jule said

    tutorialna kuk nda bisa di dunlud??di 4shared dah nda ada

  3. kecebonk_ said

    apakah bisa ARtoolkit dijalan kan memakai kamera 5 mega pixel ?
    klo yang sya coba hanya yang 1,3 mega pixel saja yang mau
    apakah ada library2 pendukung agar artoolkit dapat berjalan di kamera yang 5mega pixel itu ?

    • haryvedca said

      sy dah coba pake kamera bawaan laptop n ext. kamera , logitec 1,3, blom coba yg lain.ARToolkitnya yang 2.72. Sampeyan pake kamera merk apa? pesan error nya gmn?

  4. tyo_bagoes said

    mas mo tanya, kok file ARToolkit nya gak bs di download y…??
    saya tertarik mau coba..adakah dari link lain yg bs d download..?? mhn batuannya
    ato send langsung file nya ke email saya aja di tyo_bagoes@yahoo.co.id

  5. maela said

    yahhh windows 7 ga bisa ya???? huhuhuhuu aku pake win 7 soalnya….caranya sama ga kayak gini???

  6. Eris said

    gimana caranya kalau pke win 7 gan?
    mhon bantuan gan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: