MyBlog

Membuat sabun transparan

Posted by haryvedca on August 31, 2010

I. PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Sabun merupakan benda wajib yang kita pakai setiap hari. Tanpa sabun, mandi terasa tidak bersih karena sabun berfungsi untuk mengangkat kotoran yang menempel di tubuh kita.
Sabun pertama kali dibuat dari lemak yang dipanaskan dengan abu pada jaman Babilon kuno. Beragam jenis sabun digunakan secara berbeda di tiap kebudayaan. Orang Mesir kuno menggunakan campuran minyak hewan, tumbuhan dan garam sebagai sabun. Sedangkan orang Yunani kuno membersihkan tubuh dengan tanah liat, pasir, batu apung, dan abu. Lalu menyiram tubuh mereka dengan minyak dan untuk menghilangkan minyak yang melekat dan kotoran digunakan alat dari metal yang disebut strigil.
Sabun termasuk salah satu jenis surfaktan yang terbuat dari minyak atau lemak alami. Surfaktan mempunyai struktur bipolar, bagian kepala bersifat hidrofilik dan bagian ekor bersifat hidrofobik. Karena sifat inilah sabun mampu mengangkat kotoran (biasanya lemak) dari badan atau pakaian.
Dewasa ini pemanfaatan sabun sebagai pembersih kulit makin menjadi trend dan beragam. Keragaman sabun yang dijual secara komersial terlihat pada jenis, warna, wangi dan manfaat yang ditawarkan. Berdasarkan jenisnya sabun dibedakan atas dua macam yaitu sabun padat (batangan) dan sabun cair.
Sabun transparan adalah sabun mandi yang berbentuk batangan dengan tampilan transparan, menghasilkan busa lebih lembut di kulit dan penampakannya lebih berkilau dibandingkan jenis sabun lainnya. Tampilan sabun transparan yang menarik mewah dan berkelas menyebabkan sabun transparan dijual dengan harga yang relatif lebih mahal. Pendirian industri sabun transparan merupakan salah satu jenis usaha yang cukup menjanjikan mengingat pasar sabun transparan belum jenuh dan masih terbuka lebar.

B. Tujuan
Uji coba ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar yang akan digunakan dalam pendidikan dan pelatihan (DIKLAT) kompetensi yang berbasis pada teknologi minyak nabati, bagi guru program keahlian kimia industri. Adapun target yang diharapkan adalah sebagai berikut :
 Menemukan formula pembuatan sabun transparan
 Pengujian mutu sabun transparan yang meliputi uji karakteristik (properties) dan penggunaan (performance)
 Penyusunan bahan ajar untuk materi diklat
 Meningkatkan kompetensi SDM

II. PROSPEK

Jasa penyelenggaraan diklat pembuatan sabun mempunyai prospek yang bagus, karena trend sabun transparan sebagai sabun obat/ kecantikan maupun sebagai suvenir meningkatkan keinginan orang untuk mempelajari cara pembuatan sabun transparan. Laboratorium pengujian VEDCA dapat dijadikan tempat pengujian mutu sabun transparan yang meliputi uji karakteristik (properties) dan penggunaan (performance). Hanya saja Laboratorium Pengujian VEDCA belum dapat memenuhi kebutuhan tersebut karena keterbatasan kemampuan sumber daya manusia, materi pembelajaran (bahan ajar), bahan dan alat penunjang yang diperlukan.
Prediksi konsumen yang akan menggunakan produk sabun transparan adalah:
No. Jenis produk Prediksi Pelanggan
1. Uji coba sabun transparan Konsumen rumah tangga, hotel, losmen, wisma,serta maklon.
2. Diklat pembuatan sabun transparan Sekolah, Masyarakat, Intansi-intansi baik pemerintah maupun swasta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: