MyBlog

Modul – Praktik Fisika SMP

Posted by haryvedca on September 15, 2010

Lembar Kerja

Fluida – Hukum Archimedes (F – 1)

I.         Tujuan

Peserta diklat mampu memahami hukum Archimedes, menyelidiki hubungan gaya ke atas dengan berat zat cair yang dipindahkan.

II.         Indikator Penilaian

–          Peserta diklat mampu merangkai alat dan bahan sesuai lembar kerja.

–          Peserta diklat mampu memahami hukum Archimedes.

III.        Teori Dasar

Tentunya Anda pernah memasukkan benda ke dalam air. Ada tiga kemungkinan pada benda tersebut, yaitu terapung, melayang, atau tenggelam. Tahukah Anda mengapa sebuah kapal layar/kapal laut dapat mengapung di atas air? Padahal, kapal tersebut tentunya mempunyai berat yang besar, mengapa tidak tenggelam? Hal itu berhubungan dengan hokum-hukum fisika, untuk mengetahuinya pelajarilah uraian berikut.

Jika sebuah benda dicelupkan sebagian atau seluruhnya ke dalam suatu fluida (cairan atau gas) yang diam, fluida tersebut akan mengerahkan tekanan pada setiap bagian permukaan benda yang bersentuhan dengan benda tersebut. Resultan semua gaya yang bekerja adalah sebuah gaya yang mengarah ke atas, yang dinamakan gaya angkat ke atas atau gaya apung.

Tentunya Anda telah mempelajari tentang pengertian gaya dan tekanan. Gaya secara singkat diartikan sebagai tarikan atau dorongan yang bekerja pada sebuah ‘titik’ benda. Tekanan / stress adalah besarnya gaya yang bekerja pada suatu satuan luas. Secara matematis tekanan dituliskan sebagai berikut.

Download

Lembar Kerja

Usaha dan Energi (M-2)

I.        Tujuan

Memahami pengertian Usaha dan Energi.

II.         Indikator Penilaian

III.         Teori Dasar

Manusia dapat melakukan aktivitas  atau kegiatan sehari-hari karena adanya energi yang diperoleh dari makanan yang berasal dari alam. Di alam terdapat banyak sumber energi, misalnya energi matahari, batubara, air, angin, radioaktif, dan lain-lain. Energi tersebut ada yang terbarui dan ada pula yang tidak dapat diperbarui. Energi yang dapat diperbarui misalnya energi angin, air, matahari. Energi tersebut banyak tersedia di alam. Energi yang tak terbarui adalah sumber energi yang terbatas jumlahnya di lam dan akan habis, misalnya minyak bumi, batubara, gas, dll

Jika Anda mendorong mobil sehingga mobil tersebut berpindah tempat, atau mengangkut sekarung beras sehingga berpindah tempat masuk ke dalam mobil, maka Anda disebut telah melakukan usaha.. Usaha didefinisikan sebagai gaya (F) yang bekerja pada suatu benda yang menyebabkan benda tersebut berpindah kedudukannya. Secara matematis usaha dituliskan.

Download


Lembar Kerja

Hukum Newton tentang Gerak (M-1)

I.         Tujuan

Mampu memahami Hukum Newton tentang gerak.

II.         Indikator Penilaian

– Peserta diklat mampu memahami Hk. Newton I, II, dan III.

III.         Teori Dasar

Di dalam kehidupan sehari-hari kita selalu menjumpai hal-hal yang berkaitan dengan gaya. Pemahaman tentang gaya akan membantu memecahkan persoalan dalam kehidupan  sehari-hari yang berkaitan dengan gaya. Pada saat mendorong mobil, mengangkat suatu benda, dan mengayuh sepeda, merupakan contoh gaya yang kita kerjakan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam bahasa sehari-hari gaya dapat diartikan tarikan atau dorongan, terutama yang dilakukan oleh otot-otot manusia. Dalam fisika, gaya dinyatakan dalam percepatan yang dialami oleh saatu benda  bila diletakkan di lingkungan tertentu yang sesuai dengan hukum gaya tentang gerak. Hukum-hukum gaya dalam mekanika klasik diberikan oleh ilmuwan  dari Inggris yang bernama Isaac Newton.

Hukum I Newton menyatakan bahwa “Setiap benda akan tetap berada pada keadaan diam atau bererak lurus beraturan, kecuali ia dipaksa untuk mengubah keadaan itu oleh gaya-gaya yang berpengaruh padanya. Hukum pertama ini merupakan sifat kelembaman benda, artinya setiap benda mempunyai kecenderungan untuk mempertahankan  keadaannya semula.

Hukum II Newton menyatakan bahwa “Bila suatu benda bekerja suatu gaya maka pada benda akan timbul percepatan yang besarnya berbanding lurus dengan besarnya gaya dan berbanding terbalik dengan massa benda”. Secara matematis dinyatakan:

Download

Lembar Kerja;  Perjalanan Sinar pada Lensa Biconvec (O – 3);Download

Cara Kerja Mikroskop (O – 4);Download

Tekanan Hidrostatika (F – 2);Download

One Response to “Modul – Praktik Fisika SMP”

  1. wawan said

    bagus tapi ga ada penjabarannya ynag jelas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: