MyBlog

instalasi-dan-konfigurasi-vtk-di-windows-xp-dengan-visual-studio-2005

Posted by haryvedca on January 27, 2011

Visualization Toolkit atau lebih dikenal dengan VTK adalah sebuah library open-source dan tidak berbayar yang digunakan untuk keperluan visualisasi 3D dimensi dengan pemrograman komputer grafis dan pengolahan citra (image processing). VTK dikembangkan oleh Kitware Inc. (http://www.kitware.com/ ). Kitware Inc. menyediakan training dan dukungan berbayar yang ditujukan bagi para pengembang VTK yang ingin belajar dengan struktur yang lebih sistematis.

VTK terdiri atas class-class C++ dan beberapa lapisan untuk bahasa pemrograman Java, Python, serta Tcl/Tk. VTK mendukung berbagai macam algoritma visualisasi seperti: scalar, vector, tensor, texture, dan metode volumetric, serta modeling tingkat lanjut seperti: implicit modeling, polygon reduction, mesh smoothing, cutting, contouring, dan delaunay triangulation. VTK bisa dijalankan pada platform sistem operasi Microsoft Windows XP, Linux, serta platform  Unix lainnya.

VTK digunakan secara luas oleh berbagai komunitas penelitian di seluruh dunia. Penggunaan VTK yang cukup luas ini didukung oleh dokumentasi yang rapi, baik dokumentasi tak berbayar (seperti mailing list, forum diskusi, sampai dengan tutorial yang tersedia di internet) sampai dengan buku panduan resmi yang bisa diperoleh di Amazon.Com.

VTK bisa didapatkan dengan mengakses website resmi: http://vtk.org/ . Seluruh dokumentasi, data pendukung, dan perangkat lunak tambahan juga bisa didapatkan di website tersebut.  Pada tutorial kali ini, penulis akan menjelaskan langkah-langkah sederhana instalasi dan konfigurasi VTK di sistem operasi Windows XP dengan compiler Microsoft Visual Studio 2005. Harapannya, tutorial ini bisa membantu para peneliti yang berkarya di bidang image processing, computer vision, augmented reality, maupun visualisasi grafis di Indonesia untuk mengembangkan penelitiannya dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan negara kita, Indonesia.

Untuk melihat tutorial, silahkan download file PDF di sini

DAri : http://wibirama.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: