MyBlog

2015, Augmented Reality Capai 1,4 Miliar Download

Posted by haryvedca on March 16, 2011

Sarie – Okezone

Game berbasis augmented reality buatan Qualcomm (foto: area cellphone) 

Game berbasis augmented reality buatan Qualcomm (foto: area cellphone)
SAN FRANSISCO – Analis yakin jika elemen augmented reality yang dipadukan ke dalam aplikasi mobile akan mampu menghasilkan sekira 1,4 miliar download pada 2015 nanti.

Dilansir melalui Cellular News, Selasa (1/3/2011), data ini dikemukakan oleh para analis Juniper Research. Menurut mereka, jumlah download konten berbasis augmented reality (AR) ini meningkat berkali kali lipat dari tahun lalu. Pada 2010 konten berbasis AR baru menghasilkan sekira 11 juta download saja.

Laporan tersebut menemukan bahwa jumlah aplikasi yang berbasis AR telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir, seiring dengan semakin luasnya produk yang beredar, mulai dari aplikasi pencarian berbasis lokasi, browser bertema game, jejaring sosial, edukasi, gaya hidup dan aplikasi kesehatan. Perkembangan ini juga terjadi berkat adanya smartphone yang memiliki kemampuan AR.

Selain itu, laporan ini mencatat bahwa minat merek dan kesadaran penggunaan AR meningkat secara dramatis selama paruh kedua tahun 2010. Sejumlah merek terkemuka pun membuat aplikasi dengan konten AR atau menggunakan aplikasi AR mobile untuk memungkinkan pengguna mengakses kampanye iklan berbasis AR.

“Perusahaan terkemuka, seperti Carlsberg, mengintegrasikan aplikasi AR bermerek ke kampanye yang lebih luas. Sementara yang lain, seperti Time Out, Royal Mail, Coca Cola, yang menggunakan aplikasi B2C untuk memfasilitasi konten AR. Inisiatif ini adalah indikasi dari keinginan yang berkembang di antara brand perusahaan, yang menggunakan AR sebagai alat kunci untuk terlibat dengan konsumen,” ujar penulis laporan ini, Dr Windsor Holden.

Temuan lain yang dipaparkan Juniper Research dikatakan bahwa revenue tahunan yang dihasilkan dari aplikasi dan layanan mobile AR mendekati angka USD1,5 miliar pada 2015, naik dari 2010 yang pencapaiannya kurang dari USD2 juta.

Aplikasi perusahaan dengan elemen AR diharapkan akan memberikan kontribusi ketiga terbesar pada revenue AR di 2015, setelah aplikasi pencarian berbasis lokasi dan game.

Pemerintah dan regulator mobile content membutuhkan revisi kebijakan untuk mempertahankan privasi, label dan hak cipta teknologi dan konten AR yang semakin meningkat. (srn)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: