MyBlog

Google Siapkan Mata Uang Virtual Sendiri

Posted by haryvedca on August 16, 2010

Semakin jelas bahwa Google mengembangkan platform jejaring sosial atau gaming sendiri.

VIVAnews – Setelah rumornya beredar sejak awal pekan ini, Jambool akhirnya mengonfirmasikan bahwa mereka telah dibeli oleh Google. Seperti diketahui Jambool merupakan perusahaan pengembang platform mata uang virtual, Social Gold.

Dengan langkah ini, tampaknya semakin jelas bahwa Google sedang mengembangkan platform jejaring sosial atau gaming sendiri.

“Dengan gembira kami mengumumkan bahwa Jambool kini menjadi bagian dari keluarga besar Google,” kata Vikas Gupta dan Reza Hussenin, pendiri Jambool, seperti dikutip dari Softpedia, 15 Agustus 2010.

Pada keterangannya, visi mereka adalah membangun produk yang dapat membantu pengembang untuk mengelola dan menguangkan ekonomi virtual mereka di seluruh dunia. “Saat ada peluang untuk bekerjasama dengan Google mengerjakan misi ini, kami tak mungkin melewatkannya,” ucapnya.

Detail transaksi akuisisi tersebut tidak diungkapkan. Akan tetapi, menurut informasi yang beredar, Google membayar sekitar US$70 juta untuk membeli Jambool. Angkanya memang besar, akan tetapi tidak seberapa untuk ukuran Google yang memiliki uang tunai sebesar US$30 miliar.

Meski Google tidak banyak gembar-gembor, tampak jelas bahwa mereka sedang mengembangkan kompetitor untuk Facebook. Berdasarkan deretan akuisisi yang dilakukan perusahaan tersebut serta rumor yang berdar, tampaknya game akan menjadi bagian penting dari apa yang mereka kembangkan.

Sebagai bukti, Google baru-baru ini juga membeli Slide, perusahaan aplikasi dan gaming sosial dengan harga sekitar US$182 juta. Kabarnya, mereka juga telah menanam investasi sebesar US$100 juta di Zynga, perusahaan pembuat game terbesar di Facebook. (umi)

Leave a comment